Cari Blog Ini

Rabu, 27 April 2011

PRODUK PENYALURAN DANA

1.BAGI HASIL

A. MUDHAROBAH

B.MUSYAROKAH ( usaha )
Musyarakah secara bahasa  mencampur. maksudnya mencampur satu modal dengan modal yang lain sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
ISTILAH :suatu akad/perjanjian antara 2 pihak atau lebih yang sepakat untuk melakukan kerja sama dengan tujuan memperoleh keuntungan.




C. MUZARO'AH
Menurut bahasa muzara’ah artinya penanaman lahan. Menurut istilah muzara’ah adalah suatu usaha kerjasama antara pemilik sawah atau ladang dengan petani penggarap yang hasilnya dibagi menurut kesepakatan, dimana benih tanaman dari si Pemilik tanah. Adapun zakat dari hasil kerja sama ditanggung oleh pemilik sawah atau ladang.

D.MUSAQOH Menurut bahasa, Musaqah berasal dari kata “As-Saqyu” yang artinya penyiraman. Sedangkan menurut istilah musaqah adalah kerjasama antara pemilik kebun (tanah) dengan petani penggarap, yang hasilnya dibagi berdasarkan perjanjian.



2.BUKAN BAGI HASIL .BA'I ( JUAL BELI )


A.Murabahah adalah perjanjian jual-beli antara bank/perbankan syariah dengan nasabah. Bank syariah membeli barang yang diperlukan nasabah kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan sebesar harga perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara bank syariah dan nasabah.

rukun; ijab qabul.tsaman,mabi'.ba'i,musytari

B.SALAM akad jual beli atas suatu barang dengan jenis dan dalam jumlah tertetu yang penyerahannya dilakukan beberapa waktu kemudian,sedangkan pembayarannya dimuka.

SALAM PARALEL merupakan suatu transaksi salam yang dilakukan dengan melibatkan tiga pihak yang berkepentingan .salah satu diantaranya bertindak sebagai sebagai pembeli sekaligus penjual.
rukun salam; bayar harga barang, barang yang diperjualbelikan,pembeli,penjual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar